Wednesday, November 9, 2011

tips menghindari gout

salam...bekpas pagi nie ada sembang2 ngan akak senior...then aku luah kan laa perihal jejari comel ku ini asal bengkak2 mcm susah nak bengkok tang kt sendi2 tuh...then akak senior nie bleh ckp aku kena gout...dah cuak laa....camana bleh kena gout time preggy nie...adoyai...esok nak checkup nak tanyer doc laa kot...minta pendapat n ubat...lalala...so berikut adalah tips2 menghindari gout:

Gout atau lebih sering dikenal sebagai penyakit asam urat merupakan kondisi yang sangat menyakitkan.
Tetapi, gejala asam urat bisa dikurangi dengan menghindari makanan tertentu.
Berikut makanan yang harus dihindari oleh penderita gout (asam urat):

1. Alkohol
Bir dan anggur (wine) bisa memperburuk gout karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Purin adalah zat yang akan terurai menjadi asam urat dan mengkristal, sehingga bisa menyebabkan asam urat.

2. Kafein dan Soda
Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, serta minuman berkarbonasi seperti soda dan beberapa minuman ringan lain mengandung purin dalam jumlah tinggi. Minuman ini harus dihindari oleh penderita gout.

3. Ikan
Beberapa jenis ikan dan kerang diketahui bisa menyebabkan serangan asam urat (gout), seperti trout, haddock, salmon, herring sardines, mussels, udang, ikan teri, dan scallops.

4. Daging
Daging yang tinggi purin tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah besar oleh orang yang menderita asam urat (gout). Beberapa daging tersebut diantaranya adalah bacon, daging sapi muda, daging kalkun, daging kambing, dan jeroan (seperti lidah,ginjal, hati, dan jantung).

5. Sayuran
Beberapa sayuran yang mengandung purin dalam jumlah tinggi sebaiknya dihindari, seperti jamur, kembang kol, bayam, asparagus, dan kacang polong.

6. Makanan Lain
Makanan yang terbuat dari ragi seperti roti, saus krim, kaldu, dan kacang-kacangan harus dihindari karena mengandung purin tinggi

Daging merah, hati sapi, limpa, usus, sardine,minyak ikan  adalah jenis makanan yang banyak mengandung purine, suatu senyawa yang dalam kadar tinggi dapat menimbulkan gejala gout attack. Gejala gout attack, dapat dilihat dari cirinya yakni rasa panas,nyeri, kemerahan dan bengkak pada persendian akibat penumpukan kristal asam urat/ crystal uric acid. Gejala gout attack akan hilang dalam seminggu baik diobatin ataupun tidak.

Makanan kaya purine dapat menyebabkan penyakit asam urat atau hyperuricemia, tetapi yang terpenting makanan sehat apa yang sebaiknya dimakan oleh penderita asam urat(gout uric acid), agar cepat sembuh dari gejala penyakit asam urat. Ada 6 makanan untuk asam urat yang baik dimakan untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

1. Sumber karbohidrat yang baik bagi penderita gout adalah kentang. Kentang merupakan makanan untuk asam urat / gout karena mengandung kalium. Kalium dicatat untuk membantu menghancurkan kristal asam urat. Kandungan kentang  membantu tubuh untuk menghilangkan atau mengeluarkan kelebihan kristal keluar tubuh. Kadar asam urat berlebihan di sendi yang menyebabkan bengkak dan nyeri. Kentang sangat baik di konsumsi untuk mengurangi gejala gout attack.

2. Banana as good gout food. Pisang merupakan makanan untuk asam urat mengandung kalium. Hal ini sangat bagus karena dapat menyingkirkan asam urat hyperuricemia. Disarankan untuk memakan 3500mg sehari. Pisang juga mengandung vitamin C. Vitamin ampuh dicatat untuk membantu mengurangi kadar dan gejala gout attacks, makanlah secara teratur.

3. Perbanyak minum air putih. Air membantu melarutkan asam urat gout secara berlebihan. hidrasi yang tepat juga membantu menjaga ginjal dan seluruh tubuh, bekerja dengan baik dan membantu mengurangi gejala gout attacks berupa pembengkakan.

4. Perbanyak makan buah anggur. Anggur sebagai makanan untuk asam urat yang kaya kalium. Anggur juga mengandung hampir 20% vitamin C. Anggur juga bermanfaat karena mereka terdiri dari sebagian besar air yang akan membantu mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan serangan hyperuricemia.

5. Buah Nanas. Nanas merupakan makanan untuk asam urat yang dianjurkan. Nanas mengandung kalium, vitamin c, dan bromelain. Bromelain telah digunakan untuk mengobati gejala gout attack karena membantu mengurangi pembengkakan.

6. Perbanyak makan buah Cery . Cery yang dicatat oleh banyak orang sebagai makanan yang terbaik untuk membantu menyingkirkan penyakit asam urat gout. Ceri dapat mengurangi rasa sakit dan gejala. Asam urat lainnya. warna gelap pada kulit buah ceri bermanfaat mengurangi pembengkakan pada sendi. Cery sangat baik mengurangi gejala gout attacks

No comments:

Post a Comment